PT. Warna Mukti Grafika Artikel Pentingnya Memahami Komunikasi Nonverbal dalam Bisnis

Pentingnya Memahami Komunikasi Nonverbal dalam Bisnis

Di dalam suatu perusahaan atau para pelaku bisnis menerapkan komunikasi adalah hal terpenting antara satu sama lain baik itu secara verbal atau nonverbal. Dengan komunikasi yang baik dan strategi yang bagus, maka hubungan yang tercipta dapat digunakan untuk menyelesaikan segala permasalahan bisnis yang ada. Komunikasi juga memiliki tujuan dalam memberikan informasi, memberikan persusasi, dan lainnya.

Mungkin Anda sering menemukan pebisnis dalam melakukan strategi dengan mengunakan komunikasi verbal. Namun Anda juga bisa menggunakan komunikasi nonverbal ketika melakukan sebuah strategi pemasaran. Contohnya, ketika Anda melakukan startegi pemasaran produk makanan, di mana pada saat melakukan sebuah review terhadap produk makanan kepada pelanggan, dari komunikasi nonverbal Anda dapat melihat ekspresi pelanggan apakah menyukai produk makanan Anda atau tidak.

Komunikasi juga mempunyai peranan penting bagi setiap perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya.

Umumnya komunikasi itu sendiri adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain untuk mencapai kesamaan makna pesan. Apabila komunikasi verbal tidak efektif maka komunikasi nonverbal digunakan untuk mendukung suatu interaksi dalam proses komunikasi.

A. Pengertian Komunikasi Non Verbal

Menurut wikipedia komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Komunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tertulis, sedangkan komunikasi nonverbal adalah jenis komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, tetapi melakukannya dengan menggunakan ekspresi wajah, gerakan tangan, intonasi suara dan kecepatan berbicara.

Kedua jenis komunikasi ini selain digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dapat digunakan juga dalam melakukan strategi ukm dalam melakukan berbagai kegiatan pemasaran.

Komunikasi nonverbal juga memiliki fungsi sebagai repetisi yang mana bisa mengulang kembali pesan yang disampaikan secara verbal. Seorang komunikator dapat memberikan isyarat dengan bahasa tubuh atau dengan simbol lain untuk memberikan informasi ulang yang sekiranya belum dipahami oleh si komunikan atau penerima pesan. Sehingga informasi tersebut dapat sampai kepada komunikan dan benar-benar bisa dipahami.

B. Jenis-Jenis Komunikasi Non Verbal

Berikut beberapa jenis komunikasi nonverbal yang dapat Anda temui dan sering Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari :

1.         Ekspresi wajah

Jenis komunikasi nonverbal ini merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan. Bahkan, tidak jarang kita sudah mengetahui informasi yang akan disampaikan lawan bicara, bahkan sebelum ia berbicara, hanya dengan melihat ekspresi wajahnya. Sebagai contoh, satu senyuman atau ekspresi sedih saja sudah dapat memberikan informasi yang cukup banyak dari lawan bicara bahkan rekan kerja Anda.

Komunikasi nonverbal juga dapat  Anda manfaatkan dalam melakukan strategi pemasaran produk Anda, dengan memperlihatkan ekspresi wajah yang yakin terhadap produk yang Anda pasarkan, maka para konsumen juga akan percaya terhadap produk yang Anda jual.

2.         Gestur

Jenis komunikasi nonverbal ini merupakan hal yang sering Anda lakukan dalam lingkungan sekitar bahkan dalam lingkungan kerja Anda. Contoh komunikasi nonverbal menggunakan gestur adalah menunjuk, melambaikan tangan, dan lainnya. Bahkan, ini bisa menjadi penolong saat komunikasi verbal tidak bisa dilakukan. Sebagai contoh, saat Anda pergi ke luar negeri dan tidak mengerti bahasa yang diucapkan oleh lawan bicara, maka kita bisa menyampaikannya dengan gestur tubuh yang mudah untuk dipahami.

3.         Sentuhan

Dari sentuhan yang kita terima atau berikan ke orang lain, berbagai informasi bisa tersampaikan. Sentuhan menunjukkan keramahan, ajakan, atau bahkan tanda bahaya.Dalam kehidupan sehari-hari contoh komunikasi nonverbal menggunakan sentuhan adalah berjabat tangan atau menepuk lengan maupun bahu.

4.         Komunikasi Dengan Suara

Jenis komunikasi ini mungkin sering Anda perhatikan ketika seseorang sedang berkomunikasi dengan Anda. Dengan komunikasi suara Anda dapat melihat apa yang sedang lawan bicara Anda alami. Aspek nonverbal ini memberikan konteks pada kata yang diucapkan. Misalnya, volume suara yang tinggi biasanya digunakan untuk menyampaikan hal yang emosional. Lalu volume suara yang kecil biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu hal kabar duka yang sedang terjadi.

5.         Proxemik

Yang dimaksud dari jenis proxemik ini adalah mengacu pada jarak dan tempat saat melakukan interaksi dengan orang lain. Terdapat 3 zona dalam melakukan ineteraksi yaitu, zona publik, zonal personal, dan zona intim. Apabila semakin jauh atau dekat jarak antara Anda dengan lawan bicara, maka interaksi yang berlangsung pun akan berbeda.

6.         Artifak

Artifak merupakan komunikasi nonverbal yang ditunjukan dalam suatu benda, objek atau gambar. Benda atau gambar tersebut yang disebuat sebagai artifak.
Contoh komunikasi ini adalah ketika Anda sedang memasang foto profil di sosial media Anda. Foto tersebut telah memberikan informasi kepada orang lain mengenai siapa Anda. Seperti contoh lain adalah seragam. Pada saat Anda melihat seseorang menggunakan seragam polisi, tentara, atau jas dokter, Anda bisa dengan mudah mengetahui pekerjaan orang tersebut. Jenis penyampaian ini juga termasuk suatu bentuk komunikasi nonverbal.

C. Manfaat Komunikasi Non Verbal

Berikut beberapa manfaat yang terdapat dalam komunikasi nonverbal yaitu :

1. Dapat Mengetahui Sikap Secara Lebih Jelas

Ketika seseorang dapat belajar membaca pesan-pesan nonverbal yang di sampaikan oleh orang lain, maka orang tersebut akan mengerti dan mengetahui sikap seseorang tersebut. seperti contoh, ketika para karyawan sedang merasa kecewa maka bisa dilihat dari menurunnya semangat kerja karyawan tersebut, dapat dilihat dari ketidak fokusan dalam menyelesaikan pekerjaan dan sering tidak hadir.

2. Dapat Mengetahui Kecurangan atau Kejujuran Orang Lain

Pada saat memperhatikan komunikasi nonverbal, seseorang dapat mengetahui kecurangan atau kejujuran orang tersebut. Sebab sudah tidak heran bila seseorang lebih percaya pada pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi nonverbal dari pada pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi verbal. Sebab orang yang sedang melakukan kecurangan  dapat menutupinya dengan berbagai argument dan dengan komunikasi verbal yang diucapkannya, tetapi ia tidak dapat menutupi gerak-gerik tubuhnya yang gelisah dan ekspresi wajahnya yang terlihat ketika sedang melakukan komunikasi non verbal

3. Dapat Mengatur Pesan yang Sedang Disampaikan

Dalam komunikasi nonverbal memberikan penekanan khusus dalam mengatur pesan yang ingin disampaikan, sehingga dapat terjadi kesamaan pada saat mengungkapkan pesan yang disampaikan secara variabel.

Seperti contoh, Ketika sedang melakukan sebuah meeting atau rapat, lalu seseorang ingin memberikan tanggapan terhadap pembahasan yang sedang dibahas dalam rapat tersebut, maka seorang yang ingin memberikan tanggapan akan mengangkat tangannya ke atas sebagai tanda kesopanan untuk masuk dalam pembicaraan meeting tersebut.

Sudah dijelaskan diatas mengenai apa saja yang terdapat dalam komunikasi nonverbal. Setiap bisnis harus memiliki strategi komunikasi bisnis yang efektif dan baik yang diterapkan untuk setiap anggota karyawan Anda. Dalam pembukuan misalnya, Anda harus memetakan dan memberikan komunikasi yang jelas tentang hak akses laporan keuangan dan proses pencatatan pembukuan bisnis. Jika hal tersebut tidak dilakukan, tentunya laporan keuangan Anda bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Maka dari itu, Anda juga harus memerlukan sebuah pembukuan yang memiliki keamanan yang terjamin dengan mengunakanlah aplikasi yang berbasis cloud. Tujuannya adalah agar bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa batasan waktu, serta datanya tersimpan aman dan tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sumber : https://www.harmony.co.id/blog/pentingnya-memahami-komunikasi-non-verbal-dalam-bisnis/

Related Post